14 Mar 2012

32 Ruas Jalan Provinsi Siap Ditingkatkan di Tahun 2012

Ruas-ruas jalan provinsi yang menjadi prioritas untuk ditangani akan dilakukan peningkatan di tahun 2012. Dengan dana APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar 143,8 M, Bina Marga Jawa Tengah yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang bina teknik, pembangunan wilayah barat, pembangunan wilayah tengah, dan pembangunan wilayah timur melaksanakan kegiatan peningkatan jalan di tiga bidang pembangunan wilayah, yaitu wilayah barat, wilayah tengah, dan wilayah timur.

Di wilayah barat, dengan total anggaran sebesar 36,7 Milyar digunakan untuk meningkatkan jalan sepanjang 18,2 Km. Ruas-ruas jalan provinsi di Kabupaten Brebes, Banyumas, Cilacap, Pemalang, dan Purbalingga menjadi prioritas. Ruas-ruas jalan provinsi tersebut meliputi ruas jalan Ketanggungan-Songgom, Bumiayu-Salem, Pejagan-Ketanggungan, Sokaraja-Kalimanah ; Kab. Banyumas, Menganti-Kesugihan, Bantarbolang-Kesesi ; Kab. Pekalongan, Pemalang-Randudongkal, Jatibarang-Ketanggungan, Bobotsari-Belik ; Kab. Purbalingga, dan ruas jalan Buntu-Kroya-Slarang.

Untuk wilayah tengah, jalan sepanjang 14,05 Km ditingkatkan dengan anggaran sebesar 40,5 Milyar yang diprioritaskan pada ruas-ruas jalan provinsi di Kabupaten Demak, Grobogan, Magelang, Temanggung, dan Kendal serta Kabupaten Semarang. Ada sembilan ruas jalan provinsi yang akan ditingkatkan di wilayah tengah yaitu ruas jalan Demak-Godong, Gubug-Kapung-Kedungjati ; Kab. Semarang, Salatiga-Kedungjati ; Kab. Grobogan, Semarang-Godong ; Kab. Kendal, Weleri-Patean ; Kab. Temanggung, Parakan-Patean,Temanggung-Kaloran (Bts). Kab. Semarang, Blabak-Jrakah/Selo, dan Tegowanu-Tanggung-Kapung.

Serta wilayah timur dengan anggaran 66,5 M untuk menangani jalan sepanjang 18,4 Km terutama ruas jalan provinsi di Kabupaten Grobogan, yaitu ruas Wirosari-Sulursari-Singget ; Kab. Blora, Godong-Purwodadi, Wirosari-Kunduran, Purwodadi ; Kab. Grobogan (Klambu), dan Purwodadi-Geyer ; Kab. Sragen akan ditingkatkan dengan perkerasan beton (rigid pavement). Demikian juga masing-masing dua ruas di Kabupaten Blora, ruas Singget-Doplang-Cepu, Kunduran-Ngawen-Blora dan Kabupaten Pati, ruas Juwono-Todanan ; Kab. Blora, Pati-Kayen-Sukolilo ; Kab. Grobogan serta ruas Sukoharjo-Weru-Watukelir, Cawas-Krendetan-Watukelir di Kabupaten Sukoharjo akan dibeton.

Sedangkan ruas jalan Sangkalputung di Kab. Boyolali dan ruas jalan di Kabupaten Klaten ditingkatkan dengan pengaspalan dan dilebarkan.

Dengan alokasi anggaran APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 sebesar 143,8 M, ruas-ruas jalan provinsi ditingkatkan dan ditangani untuk mencapai kondisi mantap jalan. *kontributorbinamargajtg

Tidak ada komentar: