14 Mar 2012

Tahun 2012, Bina Marga Peroleh 20,9 Milyar Dana Alokasi Khusus Untuk Tangani Infrastruktur Jalan

SEMARANG – Prioritas kebutuhan penanganan infrastruktur jalan di Provinsi Jawa Tengah menjadi penting untuk dialokasikan anggarannya. Ruas-ruas jalan di Kabupaten Grobogan, Pati dan Blora yang rusak mendesak untuk segera ditangani.

Dengan keterbatasan dana APBD Provinsi Jawa Tengah, dana DAK dari pusat seperti menjadi oase sebagai stimulan bantuan anggaran penanganan infrastruktur jalan. Di tahun 2012 dana sebesar 20,9 M dialokasikan pada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah untuk menangani jalan yang rusak.

Dana tersebut oleh Bina Marga digunakan untuk menangani 3 (tiga) ruas jalan, dua ruas jalan di Kabupaten Grobogan yaitu ruas jalan Purwodadi – berbatasan dengan Kab. (Klambu), Purwodadi – Geyer berbatasan  dengan Kab. Sragen dan satu ruas jalan di Kabupaten Blora, ruas jalan Kunduran - Ngawen – Blora.

Ruas-ruas tersebut akan ditangani dengan perkerasan beton (rigid) yang masing – masing anggarannya untuk ruas jalan Purwodadi - Bts.Kab. (Klambu) sebesar 10 Milyar termasuk dana pendamping, ruas jalan Purwodadi – Geyer  berbatsan  dengan Kab. Sragen sebesar 7 Milyar termasuk dana pendamping serta ruas jalan Kunduran - Ngawen - Blora total sebesar 6,03 M.

Total panjang penanganan efektif ruas jalan Purwodadi - Bts.Kab. (Klambu), ruas jalan Purwodadi – Geyer berbatsan  dengan Kab. Sragen dan ruas jalan Kunduran - Ngawen – Blora sepanjang 5,4 Km.

Ruas-ruas jalan yang ditangani dengan perkerasan beton tersebut dibuat agar konstruksinya lebih kuat mengingat kondisi tanah yang labil di daerah tersebut. Penggunaan perkerasan ini akan memperpanjang usia badan jalan dan menekan anggaran pemeliharaannya. Kontributor bina marga jtg

Tidak ada komentar: