14 Mar 2012

Bina Marga Jateng Jadi Destinasi Kunjungan DPRD Provinsi Lain

SEMARANG – Bina Marga Jateng, Rabu 22 Februari 2012 dikunjungi rombongan Komisi 3 DPRD Provinsi Bengkulu. Bertempat di ruang rapat kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, rombongan yang dipimpin oleh Ir. Muharamin (wakil ketua komisi III) ini disambut oleh Ir. Haryono Haroen R, MSi, Sekretaris Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah.

Diawali dengan saling memperkenalkan diri, pertemuan kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang program dan kegiatan Dinas Bina Marga tahun anggaran 2012. Paparan disampaikan oleh Ir. Bambang Nugroho K, MSi, Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, diantaranya menyampaikan visi, misi, tugas pokok dan fungsi serta struktur organisasi Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah.

Pada tahun 2012 dengan anggaran belanja langsung sebesar 376 M, Bina Marga Melaksanakan 7 program dan 77 kegiatan. Disamping memperoleh dana APBD provinsi yang digunakan untuk menangani jalan dan jembatan provinsi, Jawa Tengah juga memperoleh dana APBN untuk menangani jalan nasional. Di Jawa Tengah ada beberapa Satker (Satuan Kerja), yaitu Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Metro Semarang, SKPD-TP Dinas Bina Marga Provinsi Jateng, Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan Tol Solo – Kertosono, dan Satker P2JJ.

Dalam diskusi, Aank Junaidi, ST salah satu Anggota Komisi 3 DPRD Provinsi Bengkulu menanyakan tentang bagaimana menangani jalan yang baik meskipun jumlah anggaran yang tersedia terbatas. Dalam kesempatan yang sama Ir. Bambang NK menyampaikan bahwa perlu alternatif solusi mengatasi teknik pemeliharaan jalan, diantaranya dengan menggunakan teknologi cold milling, yaitu pengerukan/pengelupasan lapis permukaan aspal lama kemudian dilakukan recycling, daur ulang perkerasan jalan dengan melakukan modifikasi campuran. Disamping itu juga dapat merencanakan dan menerapkan teknologi rigid pavement untuk menghemat biaya pemeliharaannya tiap tahun, imbuh Ir. Bambang NK.

Selama diskusi, rombongan Komisi 3 DPRD Provinsi Bengkulu mengungkapkan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan jajaran Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, bahwa dengan keterbatasan dana bukan berarti mengurangi solusi dalam menangani jalan supaya menjadi baik.  kontributorbinamargajtg

Tidak ada komentar: